Metode Jigsaw
Peserta didik bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam
1. belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya;
2. merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula.
3. Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik tersebut kepada temannya.
4. Ahli dalam subtopik lainnya juga bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh guru. Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik secara keseluruhan. (dari berbagai sumber)
Peserta didik bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam
1. belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya;
2. merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula.
3. Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik tersebut kepada temannya.
4. Ahli dalam subtopik lainnya juga bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh guru. Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik secara keseluruhan. (dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar